Forum Group Discussion (FGD)

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 telah dilaksanakan salah satu acara HIMA TP UNY yakni Focus Group Discussion (FGD) secara online. Acara Focus Group Discussion (FGD) merupakan program kerja dari Departemen Pengembang Kompetensi Teknologi Pendidikan Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini berisi diskusi antara narasumber dengan mahasiswa Teknologi Pendidikan yang membahas tentang bagaimana cara merubah pendidikan kearah yang lebih baik. Sesi diskusi ini menekankan pada kondisi psikologi pendidikan, sosial-budaya, dan pedagogi pendidikan di tiap institusi pendidikan saat ini. Diskusi ini juga akan mengajak pembicara dan mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam mengkritisi dan menganalisis evaluasi pendidikan, studi praktek pendidikan, serta kondisi psikologis peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan saat ini sebagai indikator utama dalam melakukan perubahan pendidikan. Selain itu, pembicara dan mahasiswa Teknologi Pendidikan juga akan saling berkomunikasi dan berkolaborasi dalam menginovasi pendidikan.

Tahun ini, FGD memiliki tema “EduTech as Pioneer to Changing Education.” Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi wawasan mengenai permasalahan pendidikan sehingga mahasiswa Teknologi Pendidikan bisa berkontribusi dalam merubah pendidikan di Indonesia sekaligus memotivasi mahasiswa Teknologi Pendidikan untuk melakukan inovasi terhadap prakek pendidikan di Indonesia.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB. Panitia dan peserta dapat memasuki room zoom melalui link yang telah diberikan sebelumnya. Setelah pembukaan acara oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana, ketua HIMA TP UNY, pembimbing HIMA TP UNY, serta kepala jurursan. Kegiatan selanjutnya yakni penyampaian materi yang pertama oleh Ibu Monika Sidabutar, S.Si., M.Pd. Materi yang disampaikan yakni mengenai contoh permasalahan pendidikan di Indonesia, pemahaman tentang peranan seorang teknolog pendidikan dalam menghadapi permasalahan pendidikan sehingga mampu melakukan perubahan terhadap praktek pelaksanaan pendidikan saat ini, serta bidang/kawasan yang harus diubah oleh teknologi pendidikan. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Puji Susanti. Saat sesi materi, Kak Puji memberikan contoh permasalahan pendidikan di Indonesia, solusi untuk memecahkan masalah pendidikan di Indonesia serta pengetahuan mengenai peran teknologi pendidikan untuk menghasilkan produk demi memecahkan masalah-masalah pendidikan di Indonesia dengan mencontohkan produk seperti ruangguru. Setelah penyampaian materi selesai, maka dibukalah sesi tanya jawab selama 15 menit. Kegiatan diakhiri dengan dokumentasi dan penutupan oleh MC.

DOKUMENTASI